Senin, 04 November 2013

Pelatihan Kepustakawan IV : Menyonsong Generasi Baru

Peserta mendengarkan materi Kepustakawanan
Baru-baru ini mahasiswa perpustakaan yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan (HIMAJIP) UIN Alauddin Makassar mengadakan Pelatihan Kepustakawanan IV di Tanjung Bayang pada tanggal 4-6 Oktober 2013. Pelatihan Kepustakawanan IV sebagai sebuah pelatihan yang mengarahkan kepada mahasiswa baru untuk memiliki optimisme akan profesi pustakawan dan dunia perpustakaan. Tidak hanya itu, dalam pelatihan ini, pembentukan karakter mahasiswa perpustakaan sebagai calon pustakawan menjadi penting apalagi menghadapi tantangan sekaligus peluang dalam perkembangan teknologi informasi dan melimpahruahnya informasi. 

Kunjunga mahasiswa JIP ke Tribun Timur
Dalam kegiatan tersebut yang mengusung tema "Menyongsong Transformasi Dunia Perpustakaan" di ikuti sebanyak 190 orang mahasiswa baru Ilmu Perpustakaan UIN Alauddin Makassar. Selama 3 hari peserta dibekali pengetahuan dasar kepustakawanan, diperkenalkan kondisi perpustakaan dengan mengamati langsung Perpustakaan Wilayah Sulawesi Selatan dan juga sempat mengunjungi media yakni Tribun Timur serta diskusi dalam "membongkar" persepsi masyarakat dan pemerintah terhadap perpustakaan. Kegiatan ini dikemas dalam bingkai keakraban sehingga selain mendapatkan pengetahuan dan pengalaman, juga memperkukuh silaturahmi antar mahasiswa. 

Dengan jumlah mahasiswa baru yang semakin bertambah dan antusias dalam mengikuti kegiatan ini, maka diharapkan muncul generasi-generasi baru yang dapat membangkitkan, memperjuangkan dan mengembangkan dunia perpustakaan dan informasi di Indonesia khususnya di Sulawesi Selatan. 

2 komentar: