Selasa, 05 Februari 2013

Deskripsi Safari Perpustakaan Se-Sul-Sel

A.   Latar Belakang                                                                                                         

Berawal dari sebuah ungkapan seorang seorang miluner Andrew Carnagie yang memiliki visi membangun masyarakat, dia mengatakan “Jika ingin membangun masyarakat, bangunlah perpustakaan”. Pesan tersebut mengartikan bahwa jika ingin  membentuk sebuah tatanan masyarakat yang baik itu memerlukan peran pendidikan non formal yang dalam hal ini adalah perpustakaan sebagai tempat mendapatkan pengetahuan sekaligus menimba ilmu tanpa mengeluarkan biaya apapun serta bebas untuk siapapun. Dengan membangun perpustakaan, maka masyarakat disekelilingnya juga dapat terbangun melalui pelayanan informasi yang dapat mencerdaskan kehidupan bangsa. Membentuk sumber daya manusia yang handal perlu dimulai dengan mengupayakan sumber daya yang memiliki budaya baca dan tentunya tempat bacaan yang tidak mengenal perbedaan identitas ialah perpustakaan.

Sudah saatnya perpustakaan tampil sebagai bagian yang urgen dalam membangun bangsa Indonesia. Melalui perpustakaan, pemerintah diharapkan perlu memberi perhatian besar kepada penyelenggara perpustakaan-perpustakaan agar bekerja secara optimal, dan tentunya disokong oleh berbagai saran dan prasarana dalam menunjang keberhasilan yang diharapkan. Sesekali kita perlu berkaca dengan negara maju yang dimana masyarakatnya telah terbentuk sebagai masyarakat informasi karena mereka adalah masyarakat yang melek akan informasi dan menjadikan perpustakaan sebagai “rumahnya”.
Peran membangun masyarakat melalui perpustakaan menjadi tanggungjawab kolektif atau seluruh elemen terutama stackholder, dan sebagai kaum muda terpelajar, mahasiswa (Ilmu Perpustakaan dan Informasi) menjadi elemen yang mesti tampil lebih energik dan progresif dalam mengembangkan perpustakaan menuju nasib bangsa yang lebih baik. Dan kini, Mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi adalah elemen yang akan ditunggu peran optimalnya untuk membuat bangsa lebih cerdas, maju, dan bermartabat melalui agenda kerja kreatif, inspiratif dan brilian.   
Maka berdasarkan landasan di atas, perlu sekiranya mahasiswa perpustakaan dan informasi melakukan agenda peran nyata dalam membangun masyarakat melalui perpustakaan. Tentunya juga perlu melakukan penelitian dan memperbincangkan dunia kepustakawanan dan perpustakaan beserta tantangan dan peluangnya sebagai pilar utama pembangunan tersebut. Dari kepentingan inilah, maka dalam Safari Perpustakaan Se-Sulawesi Selatan mengusung tema Bergerak Untuk Kecerdasan Bangsa.

Selayang Pandang Organisasi                                                                                
Sedikit sejarah singkat bahwa jurusan ilmu perpustakaan di UIN Alauddin Makassar mulai dibuka secara resmi pada 5 Mei 1999 yang selanjutnya menerima mahasiswa angkatan pertama pada tahun 2000. Seiring dengan dibukanya jurusan ini selanjutnya dibentuklah Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan (HIMAJIP). HIMAJIP merupakan lembaga mahasiswa yang kemudian terbentuk sebagai lembaga pendukung pencapaian visi dan misi jurusan yaitu Ilmu Perpustakaan.

B.   Nama Kegiatan                                                                                                            
Safari Perpustakaan Se-Sulawesi Selatan tahun 2013 mengusung tema, Bergerak Untuk Kecerdasan Bangsa.

C.   Tujuan Kegiatan                                                                                                          
1.  Pengumpulan data dan informasi tentang perpustakaan yang dikunjungi sebagai bahan penelitian dalam perumusan pengembangan perpustakaan yang dilakukan oleh mahasiswa Ilmu Perpustakaan
2.  Mendiskusikan langkah pengembangan perpustakaan dan tantangannya bersama pustakawan demi mewujudkan kecerdasan bangsa
3.  Mencari solusi bersama atas persoalan-persoalan yang dihadapi dunia kepustakawanan pada saat ini,
4.  Mendiskusikan strategi dan peran optimal pustakawan dan pembangunan saran dan prasarana perpustakaan, yang kemudian dijadikan sebagai rekomendasi bagi mahasiswa ilmu perpustakaan dalam pertemuan mahasiswa ilmu perpustakaan seluruh Indonesia.
5.  Menemukan langkah ideal dari pakar perpustakaan, praktisi dan pustakawan profesional tentang peran dan pengembangan perpustakaan dalam membangun masyarakat, kemudian dijadikan referensi bagi mahasiswa Ilmu Perpustakaan (calon pustakawan) dan pustakawan seluruh Indonesia sebagai acuan bertindak.
6.  Silaturahmi dan membangun kerjasama antar mahasiswa ilmu perpustakaan dan perpustakaan yang dikunjungi dalam menyikapi persoalan-persoalan urgen yang terjadi di dunia perpustakaan dan kepustakawanan.
7.  Menampung serta menyalurkan ide, saran dan pendapat dalam pengembangan dunia perpustakaan untuk kemudian ditindak lanjuti oleh himpunan mahasiswa ilmu perpustakaan dikemudian hari melalui aktivitas ilimiah dan aksi/tindakan guna memajukan perpustakaan .
8.  Mensosialisasikan jurusan ilmu perpustakaan sebagai pendidikan formal perpustakaan yang bertujuan untuk melahirkan teknisi perpustakaan dan pustakawan yang profesional dan ideal dimasa mendatang.
9.  Sebagai kegiatan yang menyalurkan minat sekaligus jiwa petualang mahasiswa ilmu perpustakaan dalam melakukan aksi nyata dari apa yang didapatkan melalui pendidikan sekaligus menambah pengalaman dalam pembentukan karakter calon pustakawan yang senantiasa bergerak untuk kecerdasan bangsa.
10.     Menjadikan data dan informasi yang diperoleh sebagai referensi untuk
     berkarya dalam bentuk tulisan ilmiah, opini, dan buku.

D.   Waktu dan Tempat Kegiatan                                                                                   
Kegiatan ini akan diselenggarakan pada tangal 12 Februari sd 3 Maret 2013, bertempat di Perpustakaan Daerah Kabupaten Se-Sulawesi Selatan

E.   Deskripsi Kegiatan                                                                                                     
1.     Melakukan wawancara kepada Kepala, pustakawan, staff dan pegawai di Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Se-Sulawesi Selatan tentang gambaran umum perpustakaan dan dunia kepustakawanan di wilayahnya.
2.     Mengamati data-data dan perkembangan perpustakaan
3.     Pengumpulan data dan informasi tentang :
1)    Standar Koleksi Perpustakaan
2)    Standar Sarana dan Prasarana Perpustakaan
3)    Standar Pelayanan Perpustakaan
4)    Standar Tenaga Perpustakaan
5)    Jumlah pemustaka tahun 2012 dan awal tahun 2013
6)    Presentase peningkatan minat baca masyarakat setempat
7)    Kondisi  strategis tata ruang dan perabot perpustakaan
8)    Profil dan Selayang pandang perpustakaan
9)    Akreditasi atau penilaian dari lembaga akreditasi perpustakaan
10)  Strategi khusus dalam promosi pemberdayaan perpustakaan dan pembudayaan gemar membaca pada masyarakat
11)  Efektivitas Pelayanan perpustakaan keliling
12)  Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam menunjang kinerja perpustakaan serta tantanganya bagi dunia perpustakaan.
13)  Program penyuluhan dan lomba kreativitas perpustakaan
14)  Gambaran umum peningkatan dan pengembangan koleksi dan perpustakaan kecamatan, desa dan perpustakaan instansi dalam naungan perpustakaan daerah.
15)  Efek positif kerjasama Perpustakaan dengan instansi tertentu
16)  Kendala atau hambatan pencapaian pelayanan prima perpustakaan dan kerja pustakawan
17)  Gambaran umum Kondisi objektif internal dan eksternal perpustakaan dari perspektif kepala perpustakaan, pustakawan, dan pemustaka.
18)  Prestasi dan penghargaan yang diperoleh perpustakaan
19)  Harapan dari kepala perpustakaan, pustakawan dan pemustaka untuk perpustakaan kedepannya.
20)  Informasi penting lainnya yang dibutuhkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar