Rabu, 06 Maret 2013

Bergerak Untuk Memberdayakan Perpustakaan

Tim Safari bersama pegawai di Perpustakaan Daerah Kab Tana Toraja
Mahasiswa merupakan penggerak sebuah perubahan yang selalu dinantikan oleh masyarakat, olehnya kreatifitas atau inovasi yang dilakukan mestinya memberikan manfaat buat masyarakat. Sebagai bagian dari perubahan kearah yang lebih baik, mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan UIN Alauddin Makassar, baru-baru ini mengadakan kegiatan Safari Perpustakaan Se Sulawesi Selatan yang bertujuan untuk Menampung serta menyalurkan ide, saran dan pendapat dalam pengembangan dunia perpustakaan untuk mengamati perkembangan perpustakaan daerah dan kota se Sulawesi Selatan dan mendiskusikan langkah pengembangan perpustakaan dan tantangannya bersama pustakawan demi mewujudkan kecerdasan bangsa yang kemudian ditindak lanjuti oleh himpunan mahasiswa ilmu perpustakaan dikemudian hari melalui aktivitas ilimiah dan aksi/tindakan guna memajukan perpustakaan.


Penjelasan dari pustakawan KPA PDE Enrekang
Kegiatan ini berlangsung selama 15 hari di 24 Kabupaten dan Kota Se Sulawesi Selatan yang dimulai pada tanggal 14 Februari 2013 hingga 1 Maret 2013. Mahasiswa Ilmu Perpustakaan sebagai calon pustakawan merasa perlu untuk turun kelapangan dan mengamati langsung kondisi perkembangan perpustakaan sehingga kelak ketika sudah berada dalam lingkup perpustakaan calon pustakawan telah memahami kemudian mempersiapkan langkah pengembangan perpustakaan.

Sepuluh orang mahasiswa Ilmu Perpustakaan yang tergabung dalam Tim Safari Perpustakaan Se Sulawesi Selatan, mengatakan bahwa untuk membangun sebuah masyarakat maka perlu dimulai dengan membangun perpustakaan dan tentunya harapan tersebut perlu mendapat perhatian yang serius dari pemerintah setempat, sebab selama ini peran perpustakaan belum dianggap terlalu penting dalam membangun sebuah masyarkat yang dicita-citakan.


Kegiatan seperti ini mendapatkan apresiasi dari para pustakawan di beberapa perpustakaan daerah yang dikunjungi, sebab masih kurang kalangan yang mau memperhatikan nasib perpustakaan dan profesi pustakawan. Seperti yang diungkapkan oleh salah satu pustakawan di Perpustakaan Daerah Kabupaten Enrekang, “bahwa perlu mahasiswa melakukan terobosan yang baru dalam menarik simpati masyarakat untuk berkunjung ke perpustakaan, bisa dilakukan dengan berbagai kegiatan, dan tentunya pemerintah daerah harus memperhatikan perpustakaan jika ingin melihat minat baca meningkat dan warganya cerdas”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar